PROFIL RASDIPA 104,9 FM: Nama Badan Hukum: PT. RADIO SUWARA DWIPA; Nama Stasiun Radio : Radio Suwara Dwipa (Rasdipa); Frekwensi: 104,9 FM; Rasdipa FM merupakan Sebuah radio swasta di kota Malang Jawa Timur yang didirikan sejak 21 Februari 2007, Izin Stasiun Radio: 530.08/1119/35.73.407/2010; dengan IPP yang dikeluarkan oleh MENKOMINFO Nomor : 1358 TAHUN 2013 Tertanggal 23 Desember 2013.

SAMSONS PRESS CONFERENCE 21 Agustus 2013


PRESS RELEASE


SAMSONS
PRESS CONFERENCE 
21 Agustus 2013 @ The Foundry No.8 

SAMSONS BICARA TENTANG VOKALIS, SINGLE DAN ALBUM BARU!


Jakarta - Rabu (21/8/13), menjadi salah satu hari yang paling ditunggu oleh penggemar musik Indonesia serta para awak media. Pasalnya, pada tanggal tersebut SamSonS mengadakan Press Conference di The Foundry No.8, SCBD, Jakarta Pusat, untuk mengumumkan kepada publik perihal vokalis baru, single baru, serta album terbaru mereka. Pada hari yang sama, SamSonS juga telah lebih dahulu melakukan pemutaran serentak single perdana ”Di Ujung Jalan” yang diikuti oleh 134 radio di seluruh Indonesia.


Hari itu pula menandakan akhir dari perjalanan panjang SamSonS dalam melakukan pencarian vokalis baru menggantikan Bams yang telah hengkang sejak Agustus tahun 2012 lalu. Kini, waktunya untuk mengumumkan kabar gembira ke setiap orang yakni sang vokalis baru SamSonS; AriaDinata. Karena alasan efektifitas, proses pencarian vokalis baru SamSonS telah dilakukan secara tertutup semenjak Oktober 2011 lalu. “Proses audisi vokalis dilakukan dengan memberikan materi lagu baru SamSonS di album ke-4 ini kepada semua para calon vokalis yang kami audisi. Kami lakukan hal itu karena mengharapkan siapapun calon vokalis SamSonS pada waktu itu adalah sosok yang mampu memberikan warna dan rasa baru terhadap musik SamSonS,” ungkap Irfan ketika menjelaskan tentang proses audisi calon vokalis baru.

Bukanlah sebuah pekerjaan mudah untuk mencari pengganti Bams. Namun, AriaDinata kandidat ke-10 yang direferensikan oleh beberapa kerabat SamSonS dari Banjarmasin akhirnya berhasil merebut perhatian Irfan dkk. Kharisma yang diberikan oleh AriaDinata melalui suaranya di setiap lagu dirasa dapat memberikan jiwa dan penyampaian yang sangat sentimental. Hal ini disebabkan karena AriaDinata merupakan bukan sosok baru di belantika musik Indonesia. Ia merupakan mantan vokalis dari sebuah grup band yang menjadi Grand Finalist di ajang festival bergengsi musik A-mild Live Wanted tahun 2008 yang kemudian menuntun AriaDinata memasuki ranah industri musik professional di Indonesia pada tahun 2010 hingga saat ini.

“AriaDinata adalah sosok vokalis yang sangat kuat dari karakter suara dan kemampuan teknis vokal. Hal ini dirasakan dari awal proses audisi hingga proses rekaman. Dari segi teknis AriaDinata memiliki range 4 tingkat lebih tinggi dari vokalis SamSonS sebelumnya. Dari sisi karakter vokal AriaDinata memiliki ciri khas berupa ‘husky’ voices dalam timbre suaranya. Itu adalah beberapa alasan kenapa kami memilih Aria.” - Irfan SamSonS

Kehadiran vokalis baru juga membuka jalan bagi SamSonS untuk segera merilis sebuah album terbaru yang akan diberi judul “Perihal Besar”. Album “Perihal Besar” adalah album rekaman studio ke-4 yang memiliki proses pengerjaan paling lama selama masa karir band ini. Total pengerjaan hampir 1,5 tahun; mulai dari pencarian vokalis, pra-produksi, rekaman, perizinan dan legalitas sampai pasca produksi album tersebut. Album Perihal Besar seakan mewakili luapan kreatifitas SamSonS, karena seluruh personil SamSonS terlibat dalam pembuatan lagu di album ini. Komposisi aransemen album ini juga dirasakan mengalami perkembangan yang disebabkan karena adanya vokalis baru AriaDinata, yang memiliki karakter kuat dan berbeda dengan vokalis SamSonS yang sebelumnya, sehingga rasa yang diberikannya kepada album ini menghasilkan impresi yang berbeda dan jauh lebih baik dari apa yang pernah dilakukan oleh SamSonS di album sebelumnya.

“Proses pengisian vocal sebelum ada AriaDinata adalah proses yang sangat melelahkan buat Samsons. Tapi fase tersebut telah kami lewati dan dapat mewakili aransemen lagu yang kami komposisikan. Lagu dan musik SamSonS di album ke-4 ini mengalami pendewasaan di setiap lini produksinya. Dalam divisi lirik pun dirasakan perkembangan dalam bentuk penyampaian pesan dan makna lagu tersebut.” – Irfan SamSonS Sedangkan, salah satu lagu dalam album tersebut yang berjudul ‘Di Ujung Jalan’ dipilih menjadi single perdana. “Proses pembuatan aransemen lagu tersebut sebenarnya cukup sulit, karena lagu tersebut awalanya adalah sebuah piano song. Tapi pada hasil brainstorming yang panjang dan melelahkan selama satu bulan, SamSonS berhasil menaklukkan tantangan dalam membuat aransemen yang paling cocok untuk lagu tersebut,” jelas Irfan. Ketika menciptakan lagu ini, Irfan mengambil inspirasi dari kisah nyata perjalanan SamSonS. Sebuah representasi yang sangat kontemplatif perihal perjalanan SamSonS dalam 3 tahun terakhir. “‘Di Ujung Jalan’ adalah sebuah lagu balada yang bercerita tentang harapan akan kembalinya sosok seseorang yang pernah menjadi bagian penting dari kisah kehidupan namun ternyata takkan pernah kembali.” – Irfan SamSonS


Ingin mengenal SAMSONS lebih dekat:
Twitter: @samsonstheband

Info lebih lanjut dapat menghubungi Universal Music Indonesia dengan Eriza di eriza.meina@umusic.com , Debby di debora.nuraini@umusic.com dan Marsha di marsha.verga@umusic.com